Identitas Program Studi

Progra

IDENTITAS PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

Program Studi (PS)                             : Agroteknologi

Fakultas                                              : PERTANIAN

Perguruan Tinggi                                 : UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Nomor SK pendirian PS                      : 407 TAHUN 2008

Tanggal SK pendirian PS                    : 10 Juni 2008

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS                                  : Prof. Dr. Darni M. Daud, M.A.

Dimulainya Penyelenggaraan PS         :

Nomor SK Perpanjangan

Izin Operasional (*)                              : 9420/D/T/K-N/2011

Tanggal SK Izin Operasional                : 31 Oktober 2011

Peringkat Akreditasi Terakhir               : A (18 Oktober 2012)

Nomor SK BAN-PT                               : 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012

Alamat PS                                            : Kampus Universitas Syah Kuala, Darussslam, Banda Aceh

No. Telepon PS                                    : 0651-7555269,

No. Faksimili PS                                  : 0651-7555269

Homepage dan E-mail PS                    : agtfp.unsyiah.ac.id/agrotekfp@unsyiah.ac.id






Contact

Address:
Program Studi Agroteknologi
Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3
Kopelma Darussalam, 23111
Banda Aceh, Indonesia
 
Telp : +62 651 7411250
Fax  : +62 651 75555269

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran:

  1. Meningkatnya kualitas pembelajaran, meningkatnya relevansi, produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat, meningkatnya kualitas kegiatan kemahasiswaan.
  2. Menyiapkan lulusan yang berdaya saing sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan yang mempunyai kemampuan long life education serta berbasis agroteknopreneurship.
  3. Membangun pola kemitraaan dengan berbagai stakeholders yang berlandaskan kepada sikap saling percaya dan saling membutuhkan.

Strategi Pencapaian:

Strategi pencapaian dilakukan dengan membagi rentang waktu pencapaian ke dalam tiga kategori, yaitu jangka pendek (2008-2012), jangka menengah (2012-2016), dan jangka panjang (2016-2020). Strategi-strategi yang berkenaan dengan peningkatan sistem manajemen dan penguatan tata kelola dilakukan selama jangka pendek dan menengah (2008-2016) yang telah dicapai adalah Program Studi terakreditasi A (BAN-PT). Sedangkan strategi pencapaian yang berkenaan dengan peningkatan relevansi, daya saing, dan perluasan akses dilakukan dalam kurun waktu jangka menengah dan jangka panjang (2012-2020). Adapun strategi-strategi tersebut adalah:

  1. Meningkatkan relevansi pendidikan, dengan cara meningkatkan kecukupan dan kualitas prasarana dan sarana pendidikan dan akademik untuk mewujudkan pelayanan dan prestasi yang bermutu.
  2. Mendorong proses pendidikan dan pembelajaran yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, dan berkarakter, meningkatkan kemampuan kewirausahaan lulusan, memperkuat implementasi sistem penjaminan mutu internal
  3. Menerapkan dan memantau pelaksanaan kurikulum yang akuntabel secara konsisten dan berkesinambungan sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan.
  4. Menciptakan dan meningkatkan sistem manajemen dan administrasi akademik yang profesional.
  5. Menciptakan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif.
  6. Mengembangkan laboratorium, rumah kaca, rumah kasa dan kebun percobaan sebagai pusat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  7. Mengembangkan dan meningkatkan program-program yang bersifat inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders.

Menjalin kemitraan dengan stakeholders untuk meningkatkan kompetensi lulusan melalui program praktek lapang, penelitian dan publikasi bersama.

Sosialisasi

Sosialisasi dan penyebaran visi, misi dan tujuan program studi dilakukan secara internal dan eksternal. Sosialiasasi telah dilakukan seperti dicantumkan dalam buku Panduan Kurikulum Program Studi Agroteknologi, buku Panduan Akademik Program Studi Agroteknologi, brosur/leaflet, homepages Fakultas Pertanian Unsyiah: http://fp.unsyiah.ac.id, homepage Program Studi Agroteknologi http://agrotek.unsyiah.ac.id dan pada saat rapat seluruh civitas akademika. Sosialisasi dilakukan juga pada saat penerimaan mahasiswa baru dan pada saat pengarahan dalam bimbingan akademik. Semangat visi misi juga selalu diberikan pada saat-saat awal kuliah untuk memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan berbagai aktivitas, sehingga visi dan misi dapat tercapai.

Sosialisasi untuk alumni dan stakeholders pada setiap ada kesempatan, terutama dilakukan setiap setahun sekali pada saat pertemuan alumni dan mitra kerja. Sosialisasi ini sudah berjalan secara efektif karena sudah dapat dipahami oleh seluruh civitas akademika, tenaga kependidikan bahkan oleh alumni dan pengguna lulusan. Hal ini dapat dibuktikan civitas akademika telah mengimplementasikannya dalam setiap kegiatan Tridharma PT.

Tenaga kependidikan melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh civitas akademika secara cepat dan tepat dengan pelayanan prima. Staf pengajar senantiasa melakukan inovasi dalam proses pembelajaran, melakukan penelitian dengan menggunakan sumberdaya lokal dan hasil penelitiannya dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional demikian juga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang agroteknologi.