Laboratorium Genetika dan Ilmu Pemuliaan

Lab Genetika dan Pemuliaan Tanaman adalah unit pada Program StudiAgroteknologi, Bidang Minat Pemuliaan Tanaman pada Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala yang berfungsi untuk melayani kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan praktikum, penelitian ilmiah, dan layanan bagi semua pemangku kepentingan (stakeholders) dalam bidang genetika, pemuliaan tanaman dan bioteknologi tanaman. Lab Genetika dan Pemuliaan Tanaman memfokuskan diri pada  kajian Genetika Tumbuhan dan Pemulian Tanaman, baik melalui metode konvensional maupun melalui pendekatan bioteknologi, yang berbasis sumberdaya genetik lokal guna mendukung ketahanan pangan di Aceh khususnya dan Indonesia serta global umumnya.

Ruangan Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tanaman

Laboratorium ini kini diketuai oleh Dr. Bakhtiar, S.P., M.Si. dan Fahmi Reza, S.P. sebagai laboran. Laboratorium ini memiliki dua ruang utama yaitu ruang lab pengajar/genetika dan ruang lab penelitian/pemuliaan tanaman. Terdapat beberapa mata kuliah program studi S1 Agroteknologi yang melaksanakan praktikum di Laboratorium Genetika dan Pemuliaan Tanaman diantaranya Genetika Dasar, Dasar-Dasar Pemuliaan Tanaman, Pemuliaan Tananaman Bercekaman, Genetika Lanjutan, Produksi Benih Hibrida, dan lain-lain. 

Mahasiswa sedang melakukan analisis DNA

Laboratorium ini juga dilengkapi oleh alat-alat penunjang lab seperti Spektrofotometer, Mikroskop, Magnetic Stirrer, Electrophoresis, Micro Piper, UV Transiluminator, Emaskulator, Colony Counter, Termal Cycle PCR, dan lainnya. Laboratorium ini terletak pada lantai 2 Gedung A Fakultas Pertanian, USK.

 

 

 

Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman

 

Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman merupakan laboratorium yang berada dibawah prodi Agroteknologi USK yang berfokus pada budidaya dan penelitian tanaman secara in vitro. Laboratorium ini mempunyai luas ± 145 m2 yang terdiri atas enam ruangan utama yaitu ruang kepala laboratorium, ruang peralatan, ruang persiapan, ruang penanaman, ruang penyimpanan media, dan ruang inkubasi. Terdapat beberapa mata kuliah program studi S1 Agroteknologi yang melaksanakan praktikum di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman yaitu Bioteknologi Pertanian (AGI 303), Bioteknologi untuk Pemuliaan Tanaman (AGI 511), dan Kultur Jaringan Tanaman (AGI 530). Juga terdapat mata kuliah Program Studi S2 Agroekoteknologi yang melaksanakan praktikum Bioteknologi Pertanian di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman. 

A4 - 6.png

Struktur organisasi Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman Fakultas Pertanian Universtias Syiah Kuala

Kepala Laboratorium dan Laboran Lab Kultur Jaringan Tanaman

Laboratorium ini juga dilengkapi oleh alat-alat penunjang lab seperti Laminar Air Flow Cabinet (LAFC), Autoklaf, magnetic stirrer, hot plate, timbangan analitik, oven, lemari pendingin, dan alat-alat glassware lainnya. Saat ini (13/10/2021) terdapat 7 mahasiswa S1 dan 1 mahasiswa S3 yang melakukan penelitian di lab ini. Laboratorium ini berada pada lantai 2 gedung type A Fakultas Pertanian Baru.

Galeri foto:

Ruangan Persiapan Lab Kultur Jaringan

Ruangan Inisiasi Lab Kultur Jaringan

Ruangan Inkubasi Lab Kultur Jaringan

Tanaman Hasil Kultur Jaringan Yang Ditumbuhkan Di Lab Kultur Jaringan Tanaman